Pertengahan tahun 2017 lalu, aku bersama Roro diminta Luciana memasak makanan Indonesia di kelas Prep. Setelah mikir mbulet–mau mengolah masakan yang mudah, cepat, tidak ribet, bebas MSG dan seafood dan kacang-kacangan dan biji-bijian mengingat banyaknya anak-anak yang punya alergi–sampailah kami pada kesimpulan jenius, ‘Bikin bakwan jagung aja, yuk!’

🙈Grogi lho, memasak di depan puluhan bocah cilik yang reaktif seperti nuklir. Ada yang tidak tahan bau jagung. Beberapa mengeluh tidak doyan jagung sehingga berpikir, ‘What’s the point for me, anyway.’ (kecil-kecil sudah fatalis, hih!). Ada yang vegan sehingga harus digorengkan duluan dengan adonan tanpa campuran telur sebelum minyak terpakai. Ada yang tanya apakah kami pakai minyak sawit sebab dia pendukung gerakan No Palm Oil garis keras (untung kami pakai minyak kanola, yawlaaa). Ada yang takut suara minyak panas. Tentu ada yang kelewat penasaran juga. Hadeehh.. Yang jelas, hamba panique, khawatir kalau sampai makanan kami enggak enak atau ada anak yang alerginya kambuh kemudian kami dihujat masyarakat Moreland.

Tapi senang deh, saat bocah-bocah riwil tersebut bilang kalau ruangan kelas mereka jadi harum gorengan (wkwk, belum tahu mereka wangi gerobak abang gorengan yang pakai minyak curah campur plastik di trotoar Jakarta). Setelah mencicipi, satu dari bocah tidak doyan jagung tadi jadi doyan, nambah malahan. Hi hi. Ada pula anak yang bersumpah Palapa, ‘I swear someday I will visit Indonesia so I can have more of this fritter!’.

Kiyut sekali.

DeLaura–salah satu bocah yang konsiten melabeli diri tidak doyan jagung tapi keranjingan pop corn(??!)–bahkan duduk tekun, menyingkirkan butir jagung satu per satu dari tepung karena katanya adonannya enak banget. Hari setelahnya beberapa orang tua meminta resep sebab anaknya ingin bikin corn fritter sendiri di rumah.

Senang sekali! Terbayar semua kerepotan saat harus mengurus dokumen eligibilitas buat jadi volunteer working with children ke Departemen Kehakiman segala macam.

Sesudahnya, dapat pelukan manis dari bocah, ‘Thank you Mami I am so happy you cook with us today. My classmates are big fans of you, now!’ 💚

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here